Kolaborasi untuk Mutu Pendidikan

Kompas, halaman 16

Kolaborasi untuk mempercepat pencapaian tujuan pendidikan nasional amat diperlukan. Para pemangku kepentingan diajak melakukan aksi nyata untuk membantu pemerintah mewujudkan pendidikan yang bermutu, termasuk memperkuat literasi digital. Penggiat dan penggagas Pesta Pendidikan, Najeela Shihab, mengatakan, Pesta Pendidikan 2017 yang kedua kalinya digelar menjadi jaringan berbagai pemangku kepentingan pendidikan yang bekerja secara sukarela memajukan pendidikan dalam aspek yang luas.

Najeela mengatakan, kebangkitan pendidikan Indonesia memerlukan keterlibatan publik yang berdaya, yang melakukan perubahan dari kekuatan yang ada. Pada tahun ini, Pesta Pendidikan mengajak publik untuk mendeklarasikan janji inisiasi dan kolaborasi untuk pendidikan dalam bentuk janji publik. Berbagai individu, komunitas, dan kementerian/lembaga diajak untuk membuat janji pendidikan berupa aksi nyata yang bisa dilakukan, kemudian menjalin kolaborasi dengan pihak lain yang punya komitmen sama supaya perubahan cepat terwujud.

Salah satu janji publik untuk mencerdaskan bangsa adalah cerdas digital. Inisiator cerdas digital, Ramya Prajna, mengatakan, program ini merupakan kolaborasi dari komunitas Sekolah di Awan, Sekolah Cikal, Keluarga Kita, ini budi.org, dan Akademi Berbagi. Tujuannya adalah untuk memperkuat literasi digital kepada siswa, guru, dan orangtua dengan menyediakan modul-modul. Kolaborasi ini menargetkan untuk menyasar sekitar 160 sekolah di lima kota.

Najeela mengatakan, cerdas digital merupakan salah satu kolaborasi yang mendesak dilakukan supaya semua pihak siap menghadapi perubahan akibat kemajuan teknologi digital. Selain itu, kolaborasi untuk mempersiapkan masyarakat yang mampu menjadi jagoan finansial serta dukungan untuk membantu guru belajar lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s