Masijid Kampus Rentan Disusupi Paham Radikal

Koran Tempo, halaman 10

Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorirsme Brigadir Jendral Ilham mengatakan masjid kampus saat ini menjadi target penyusupan paham radikal. Karena itu, pencegahan paham radikal di kalangan mahasiswa bukan hanya tugas pejabat univrsitas namun juga takmir atau penjaga masjid. Ia mengatakan takimir masjid harus paham ciri-ciri paham radikal dan harus mengetahui ketika ada penyusup.

Menurut Ilham, penjaga masjid harus mengetahui jenis dan jadwal kajian di lingkungan masjid, terutama kelompok atau komunitas yang menyelenggarakannya. Komunikasi di antara penjaga masjid juga harus intensif untuk berbagi indormasi.

Kasus masjid yang disusupi paham radikal, kata Ilham, terjadi dalam terror bom Gereja Oikumene di Loa Janan, Samarinda pada November tahun lalu. Tujuh pelaku penyerangan diketahui adalah pengikut Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan kerap berlatih di salah satu masjid di Kota Janan. Selain itu, kata dia, fenomena perekrutan pelaku terror yang tak pandang usia patut diwaspadai di kalangan pelajar dan mahasiswa sebagai langkah pencegahan.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengatakan telah meminta para rektor universitas di seluruh Indonesia untuk memetakan dan mengidentifikasi simpul gerakan mahasiswa yang berpotensi menimbulkan radikalisme dan intoleransi. Pejabat universitas diharuskan mengawasi kegiatan masjid. Kementerian, kata Nasir, juga tengah menyiapkan kampanye “General Education” di kampus-kampus untuk mencegah berkembangnya paham radikal. Prorgam di bawah Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan ini akan menyisipkan wawasan kebangsaan dan pluralisme lewat ilmu dasar yang diajarkan kepada mahasiswa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s