Sistem Zonasi Perlu Diperjelas

Kompas, halaman  11, Sabtu, 20 Mei

Penerapan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru hendaknya bisa menghapus kesenjangan di dalam dunia pendidikan. Harapannya, sekolah bersfat heterogen dengan murid dari berbagai latar belakang sosial-ekonomi, akademis, dan bakan non-akademis. Dosen penelitian dan evaluasi pendidikan Universitas Muhammdiyah Prof Dr Hamka, Elin Driana mengatakan, selama ini, pendidikan yang semestinya menghapus kesenjangan justru melanggengkan kesenjangan dengan penerapan sistem sekolah unggulan. Akibatnya, muncul pengastaan dan murid yang menjadi korban.

Idealnya, kata Elin, sistem zonasi yang sesuai peraturan mengharuskan 90 persen murid baru di sekolah berasal dari wilayah sekitar itu bisa menurunkan kesenjangan. Dengan syarat, sistem penerimaan tidak hanya bergantung pada nilai ujian nasional.

Apabila hanyak memakai nilai UN, hasilnya akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada sekolah yang menerima murid baru dengan nilai UN tinggi dan kemudia sekolah didapuk sebagai sekolah unggulan. Sebaliknya, siswa-siswa yang tidak bsia masuk sekolah tersebut akan distigma bersekolah di sekolah bukan unggulan. Stigma tersebut berpengaruh pada kesempatan mereka mendapat pendidikan tinggi ataupun pekerjaan kelak.

Ia menerangkan, untuk bisa mencapai kesetaraan pendidikan, kemampuan guru mengelola kelas patut ditingkatkan. Selama ini, setiap kelas sangat homogen. Padahal, justru dengan kelas yang heterogen kemampuan akademis, emosional, psikologis, dan sosial murid bisa berkembang. Mereka belajar mengenal orang yang berbeda-beda dan membangun kerja sama. Hal ini menjadikan sebuah sekolah memiliki nilai tambah karena tidak hanya berhasil membangun aspek kognitif siswa, tetapi holistik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s