Kemendikbud Tunggu Laporan Pemetaan Sekolah

Republika, halaman 5

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut pemerintah telah menginstruksikan pemetaan sekolah rawan tawuran pada setiap daerah. Saat ini, data tersebut sudah berada di masing-masing dinas pendidikan provinsi setiap daerah.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyebutkan, berdasarkan hasil pemetaan, hampir semua provinsi memiliki sekolah rawan tawuran. Namun, ia menyabut, DKI Jakarta menjadi daerah paling darurat untuk ditangani. Mendikbud mengatakan, pembinaan intensif akan dilakukan pada siswa. Tujuannya, untuk memepelajari perilaku anak-anak yang terpola.

Mendikbud ingin mengetahui ihwal bagaimana selama ini siswa memanfaatkan jam luang, jam kosong, waktu setalah ujian sekolah dan lain-lain. Ia menambahka dari sini akan dipelajari waktu dan tepat mana yang anak punya potensi melakukukan mulai dari vandalism sampai perkelahian.

Sebelumnya, Kemendikbud berencana meetakan sekolah rawan tawuran di sejumlah daerah di Indonesia. Kemendikbud meyakini sekolah harus memiliki peta waktu-waktu kritis untuk anak-anak, yakni saat pulang sekolah sebelum pulang kerumah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s