Lembaga Keagamaan Diminta Kembangkan SMK

Kompas, halaman 15

Lembaga pendidikan berbasis keagamaan diharapkan mendukung terwujudnya sekolah menengah kejuruan. Dukungan itu bisa berupa membangun institusi sekolah hingga menyuplai guru dengan kompetensi yang dibutuhkan. Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, di Jawa Timur, Senin (22/5). Ia menjelaskan, pemerintah saat ini fokus mengembangkan SMK di empat bidang yaitu maritim, pertanian, pariwisata, dan industri kreatif.

Muhadjir menilai sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Bayuwangi, Situbondo, dan Probolinggo, berpotensi mendirikan SMK kelautan/kemaritiman. Berhubung di daerah tersebut basis keagamaan, seperti Nahdlatul Ulama (NU) kuat, ia menilai SMK kelautan yang dibangun nantinya bisa berbasis pesantren.

Dia mengingatkan, karena SMK sekarang menjadi domain provinsi, sebaiknya mengutamakan SMK yang akan direvitalisasi. SMK yang tidak sehat bisa direvitalisasi aar sehat. SMK disebut sehat jika memiliki siswa di atas 500 orang. Adapun untuk membangun SMK baru, diprioritaskan untuk wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Dalam hal ketersediaan guru, Muhadjir mengatakan, saat ini Indonesia kekurangan 91.000 guru SMK yang sesuai kompetensi. Hanya 22 persen guru sesuai kebutuhan. Sebagian besar adalah guru adaptif (guru kimia, biologi, fisika, dan seterusnya) serta guru normatif (guru agama). Ini yang menyebabkan SMK-SMK tidak berkembang baik. Upaya untuk memenuhi kekurangan guru dilakukan dengan program mengambil guru dari persusahaan (dengan sertifikasi) serta dengan program keahlian ganda. Dengan program tersebut, hingga tahun 2019, Muhadjir berharap akan tersedia 40.000 guru SMK yang sesuai kebutuhan. Pada 2017, diharapkan akan dicetak 15.000 guru SMK sesuai kebutuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s