Pendidikan Bermedsos sejak Usia Sekolah

Kompas, halaman 16

Pemahaman tentang potensi media sosial serta tingkah laku atau etika saat terkoneksi internet adalah pendidikan yang wajib ditanamkan kepada pengguna usia muda. Dengan literasi digital yang mumpuni, generasi muda Indonesia bisa memanfaatkan kekuatan internet untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, bukan sekadar hanyut dalam perdebatan tanpa arah di kolom komentar.

Hal itu mengemuka dalam lokakarya bermedia sosial yang digelar operator telekomunikasi Indosat Ooredoo di SMK Negeri 2 Jakarta, Senin (22/5). Lokakarya yang digelar untuk 200 peserta pelajar kelas X dan guru itu menjadi tahap awal dari inisiatif Indosat Ooredoo untuk mendorong pendidikan literasi digital bagi kalangan pelajar.

Group Head Corporate Communication Indosat Ooredoo Deva Rachman mengatakan, memberikan pemahaman secepatnya kepada pengguna internet usia muda sangat krusial. Belajar dari penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta yang membuat linimasa media sosial dipenuhi konten negatif, para pengguna sebaiknya memilii bekal dalam memproses informasi dan bersikap. Selain mendatangi sekolah, pemanfatan teknologi juga dilakukan dengan menggandeng Kelas Kita, perusahaan rintisan yang bergerak pada layanan pembelajaran daring. Konten pendidikan literasi digital nanti juga diunggah untuk diakses pengguna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s