Pesantren Punya Andil Merawat Kebangsaan

Kompas, halaman 5

Pendidikan di lingkungan pondok pesantren punya andil membangun karakter sekaligus merawat semangat kebangsaan. Pendidikan di pondok pesantren membekali santri dengan kearifan dalam beragama sehingga selaras dengan semangat nasionalisme bangsa Indonesia. Peran ponpes sesuai dengan tujuan agama, selaras dengan tujuan negara, juga sesuai dengan tantangan masa depan. Di pesantren anak-anak bisa belajar lama dan intensif disertai contoh nyata. Pesantren membekali anak dengan ilmu agama yang tinggi, keterampilan bagus, dan akhlak mulia.

Staf Khusus Kementerian Sosial Profesor Mas`ud Said mengatakan, Indonesia saat ini dalam situasi butuh kearifan dan ponpeslah yang menjadi jawaban atas persoalan kebangsaan. Pendidikan di ponpes sangat sesuai dengan harapan insan pendidikan. Alasannya, melalui pesantren, santri dapat ilmu agama serta bekal berakhlak baik dan beramal saleh. Santri juga mendapat ilmu dunia serta mampu mengaplikasikannya.

Menurut Staf Khusus Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Dr Abdul Wahid Mahtub, untuk menguasai masa depan harus menguasai teknologi. Jepang dan Amerika Serikat bisa maju karena unggul di bidang iptek. Umat Islam punya potensi maju jika menguasai ilmu dan mengamalkannya. Ia menyayangkan pemahaman dan interpretasi umat Islam terhadap Islam sendiri kurang bagus atau dangkal, bahkan parsial. Hal itu pun berimbas pada pengamalannya sehingga membuat susah maju.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s