Peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri Meningkat

www.republika.co.id

Peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2017 secara nasional mengalami peningkatan 4,5 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, UM-PTKIN diikuti sebanyak 82.005 lulusan madrasah aliyah (MA) atau sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat. UM-PTKIN digelar serentak di 56 perguruan tinggi di Indonesia pada Selasa (23/5).

Koordinator Kesekretariatan UM-PTKIN, Syamsul Huda, mengatakan peningkatan jumlah peserta UM-PTKIN salah satunya karena kemudahan proses pendaftaran dan pembayaran. Proses pendaftaran dilakukan secara daring kemudian pembayaran melalui bank mana saja dengan menyertakan virtual account.

Syamsul mengungkapkan, total nasional ada 82 ribu pendaftar, tahun lalu 78.509 pendaftar. Tahun ini ada dua macam tes yakni paper based test (PBT) dan computer based test (CBT). Untuk CBT ada di 15 titik. Kemungkinan tahun depan akan ditambah dengan catatan masing-masing perguruan tingggi punya SDM dan sarana prasarana.

Syamsul menjelaskan, para peserta ujian memperebutkan 39.388 kursi yang disediakan di 56 perguruan tinggi Islam. Jumlah peserta UM-PTKIN tahun ini terdiri dari 4.841 peserta IPA, 51.976 peserta IPS, dan 25.188 peserta IPC. Peserta IPC tercatat mengalami peningkatan signifikan mencapai 96 persen dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 12.876 peserta. Sementara jumlah peserta IPS tahun ini mengalami penurunan 13,7 persen dari jumlah tahun lalu sebanyak 61.361 peserta.

Berdasarkan pilihan pertama peserta, lima PTKIN peminat terbesar yakni UIN Jakarta, UIN Yogyakarta, UIN Makasar, UIN Surabaya dan UIN Lampung. Sementara untuk program studi favorit pilihan peserta lima terbesar adalah Hukum Ekonomi Syariah UIN Aceh, Ekonomi Syariah UIN Surabaya, Farmasi UIN Makassar, Pendidikan Agama Islam UIN Yogyakarta, dan Pendidikan Agama Islam UIN Surabaya. Nantinya, hasil ujian masuk PTKIN tahun ini akan diumumkan pada 19 Juni 2017. Peserta bisa mengakses hasil ujian melalui website yang disediakan panitia di laman http://www.um-ptkin.ac.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s