Rekrutmen Guru Harus Selektif

Media Indonesia, halaman 20

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta pimpinan pemerintah daerah (pemda) agar lebih selektif dalam merekrut guru untuk sekolah-sekolah di wilayah mereka. Para calon guru harus memenuhi persyaratan kualifikasi sesuai amanat Undang-Undang (UU) No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependikan (GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata, pada pembukaan Diskusi Pembangunan Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam di Kantor Kemendikbud, Jakarta, kemarin, mengatakan, sesuai amanat UU Guru dan Dosen, mulai 2016 pengangkatan guru harus memenuhi syarat kualifikasi, yaitu harus berpendidikan minimal S-1 atau D-4 dan harus besertifikat pendidik dengan mengikuti pendidikan profesi guru (PPG). Aspek ini hendaknya menjadi perhatian kita semua dalam mengangkat guru

Pemda sejak awal harus mempersiapkan calon-calon guru yang memenuhi syarat tersebut. Ia menegaskan bahwa guru merupakan kunci peningkatan mutu pendidikan. Kemdikbud berharap para peserta diskusi pembangunan pendidikan ini dapat memberikan perhatian kepada pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kualitas guru. Dia juga meminta pihak pemerintah provinsi untuk melakukan pembinaan kabupaten/kota seiring dengan adanya pengalihan tanggung jawab pengelolaan pendidikan antara kabupaten/kota dan provinsi.

Untuk Aceh sendiri, kata Pranata, rasio guru dan murid sudah lebih dari cukup, yakni 1:9 dan 1:10. Namun, permasalahannya, jumlah guru tersebut belum merata. Maka dari itu melalui diskusi ini, dikumpulkan agar pemda bisa menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah bidang pendidikan dengan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s