Pendidikan Vokasi Sasar Pesantren

Indopos, halaman 3

Arus digitasasi dan otomatisasi teknlogi telah merubah karekter pekerjaan. Teknologi telah menghilangkan banyak pekerjaan konvensional. Kendati demikian, kehadiran teknologi digital juga menghadirkan banyak peluang kerja baru. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menghimbau lembaga pendidikan, salah satunya pesantren untuk memperluas kerjasama dengan industry serta agar lulusannya bisa sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

Menurut Hanif, salah satu keunggulan alumni pesantren adalah memiliki modal karakter yang kuat, yakni bekerja keras, disiplin, mandiri dan jujur. Hanif mengatakan, karakter yang kuat adalah modal memenangkan persaingan kerja. Tentu, hal itu harus diimbangi penguasaan kompetensi kerja. Menurut Hanif, penguasaan keterampilan kerja lebih mudah dilakukan dibanding, dengan penanaman karakter.

Modal karakter kuat yang dimiliki lulusan pesantern harus diberikan pelatihan kompetensi. Khususnya pelatihan vokasi di pesantren, menurutnya Kementerian Ketenagakerjaan memilki program pelatihan vokasi untuk komunitas. Hanif berharap, keterlibatan dunia industri pada pengambangan pelatihan vokasi di pesanteren. Pasalnya, jumlah anggaran masih terbatas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s