Penjurusan di SMA Perlu Dikaji Ulang

Kompas, halaman 12

Penjurusan atau peminatan siswa SMA ke dalam kelompok Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial sudah saatnya dikaji ulang. Pemilahan IPA dan IPS memunculkan kastanisasi bidang ilmu sehingga kerap membentuk pola pikir terkotak-kotak. Infopreneur seputar jurusan kuliah yang menginisiasi jurusanku.com Ina Liem mengatakan, pelajar harus menyiapkan diri untuk berbagai profesi yang saat ini bahkan belum ada namanya. Ada stigma bahwa anak IPA lebih pintar dari pelajar IPS. Anak yang dinilai pintar, diarahkan masuk IPA. Beberapa siswa bahkan dipersulit masuk IPS karena nilainya cukup untuk masuk IPA.

Pengamat dan praktisi pendidikan Doni Koesoema menilai di kalangan siswa sendiri muncul stigma terhadap jurusan IPS. Hal ini diperkuat dalam kebijakan penerimaan  mahasiswa perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN (jalur prestasi), yang diduga memicu kecurangan sekolah. Ada persepsi bahwa siswa IPA mempunya lebih banyak pilihan bidang studi di perguruan tinggi. Akibatnya, banyak orangtua yang memaksa anak mereka untuk memilih IPA.

Rektor Universitas Trilogi, Jakarta, Asep Saefuddin mengatakan, perguruan tinggi perlu memikirkan kembali syarat penerimaan siswa baru. Dari hasil riset berbasis multiple inteligences pengelompokan IPA dan IPS menyesatkan. Ia mengatakan, anak tidak bisa begitu saja dikelompokkan ke dalam IPA atau IPS. Sebab, profil seseorang tidak sesederhana itu.

Di Indonesia, mulai muncul sejumlah PT yang tidak menerima siswa berdasarkan IPA atau IPS. Salah satunya Sampoerna University yang lebih mengutamakan kompetensi dasar, antara lain meliputi kreativitas, berpikir kritis, dan kolaborasi. Di Swiss German University (SGU), beberapa lulusan SMA jurusan IPS diterima di jurusan mekatronika yang sarat dengan sains. Rektor SGU Filiana Santoso mengatakan, yang terpenting, mahasiswa memahami kunci sukses  di bidang yang dipilihnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s