Kemendikbud Siapkan 125 SMK Rujukan

Koran Sindo, halaman 2

Sebanyak 125 sekolah menengah kejuruan (SMK) dintunjuk sebagai SMK rujukan. Sekolah ini akan mengembangkan program keahlian yang disesuaikan dengan tantangan abad ke-21. Hal itu diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Muhadjir mengatakan, sebanyak 125 SMK yang ditunjuk memiliki keahlian sesuai dengna prioritas pembangunan nasional, yaitu kemaritiman, pariwisata, pertanian (ketahanan pangan), dan industri kreatif. Selain itu, ada sebanyak 94 SMK dengan bidang keahlian lainnya yang juga mendukung prioritas pembangunan nasional.

Muhadjir menjelaskan, SMK rintisan yang terpilih untuk direvitalisasi akan didorong melakukan perubahan-perubahan yang meliputi pengembangan dan peyelarasan kurikulum dengan dunia usaha dan industri, serta inovasi pembelajaran yang mendorong keterampilan abad 21. Selain itu, juga untuk pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan, standarisasi sarana dan prasarana utama, pemutakhiran program kerja sama industri, pengelolaan dan penataan lembaga, serta peningkatan akses sertifikasi kompetensi.

Muhadjir menambahkan, pemerintah berharap revitalisasi SMK ini berhasil agar pada 2020 SMK dapat melayani 5,5 juta siswa dengan pendidikan berbasis teknologi informasi melalui 1.650 SMK rujukan, 850 SMK regular, 3.300 SMK aliansi, serta 750 SMK konsorsium.  Sebanyak 1.650 SMK rujukan itu memiliki lisensi LSP-P1 dan membawahi 800 tempat uji kompetensi (TUK) bagi siswa dan aliansinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s