Alih Kelola SMA Terkendala Dana

Kompas, halaman 11

Alih kelola SMA/SMK dari pemerintah kota/kabupaten ke pemerintah provinsi sejak awal 2017 menyisakan persoalan. Di sejumlah daerah, penyaluran anggaran tersendat, mulai dari dana bantuan operasional sekolah, tunjangan profesi guru, hingga insentif bagi guru swasta/guru honorer. Berdasarkan keterangan beberapa kepala sekolah di Provinsi Papua, pencairan bantuan operasional sekolah (BOS) masih perlu disinkronkan dengan data pokok pendidikan (dapodik). Apalagi pencairan BOS jenjang SMA mulai tahun ini tidak lagi per tiga bulan, tetapi berubah jadi enam bulan.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Merauke Sergius Womsiwor mengatakan, sejak alih kelola SMA/SMK, pencairan BOS selalu terlambat. Alokasi dana BOS untuk Oktober-Desember 2016 baru dicairkan Maret 2017. Dana BOS Januari-Mei 2017 sampai saat ini belum cair. Pihaknya mengeluhkan hal tersebut karena dengan sekolah gratis, dana pendidikan hanya mengandalkan sekolah.

Menurut Sergius, tidak adanya dana BOS membuat sekolah kelimpungan. Saat ini, ketika  sekolah bersiap-siap menggelar ujian kenaikan kelas, tentu harus ada berbagai belanja kebutuhan. Ia mengatakan, jika pengalihan kewenangan SMA/SMK ke pemprov hanya menimbulkan permsalahan di lapangan, sebaiknya kebijakan itu ditinjau ulang. Jangan sampai sekolah, guru, dan siswa dikorbankan dari ketidakcermatan birokrasi pengelolaan pendidikan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Papua Albert H Lantang mengakui belum ada pembayaran dana BOS untuk semua SMA/SMK di Papua. Hal ini karena ada perubahan sistem pembayaran BOS dari per triwulan menjadi setiap semester. Menurut Albert, alasan pencairan dana BOS SMA/SMK per semester untuk memberikan kesempatan bagi sekolah memperbaiki data penerima BOS yang bermasalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s