Komnas Pendidikan: Pemerintah Harus Komitmen Terapkan Zonasi Sekolah

Suara Pembaruan, halaman 16

Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan melakukan reformasi pendidikan. Salah satunya, kebijakan tentang sistem zonasi sekolah. Menyikapi kebijakan baru itu, Staf Ahli Komisi Nasional Pendidikan, Andreas Tambah, menilai, sistem zonasi memang bagus diterapkan karena berdampak positif. Dengan adanya sistem zonasi akan mengurangi macet karena mobilItas anak didik berkurang.

Ia juga menuturkan, zonasi menjadi kunci pemerataan pendidikan serta menghilangkan kesan sekolah unggulan oleh orang tua murid. Untuk itu, ia menegaskan, sebelum diterapkan, pemerintah harus memperhatikan kemampuan kompetensi kepala sekolah (Kepsek), manajemen sekolah, dan kompetensi guru. Pemerintah harus berkomitmen. Ketiganya harus benar-benar baik dan merata agar sistem zonasi maksimal.

Secata terpisah, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti mengatakan, kebijakan sistem zonasi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) harus diapresiasi dan ditanggapi positif. Dijelaskan dia, sekolah-sekolah di kota besar menyediakan banyak pilihan sekolah bagi orangtua dan siswa. Sistem zonasi akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di suatu sekolah.

Ia menyebutkan, adanya sistem zonasi menguntungkan semua pihak. Pertama, siswa akan mendaftar di sekolah yang terdekat dengan tempat tinggalnya sehingga waktu tempuh lebih singkat dan ia dapat berjalan kaki atau naik sepeda ke sekolah. Siswa pun tidak kelelahan karena berangkat tidak harus terburu-buru dan teman sekolahnya adalah tetangganya. Kedua, akan berdampak mengurangi kemacetan karena sekolah dengan rumah dekat dan juga dapat mengurangi potensi tawuran pelajar. Ketiga, peserta didik yang unggul akan tersebar merata ke berbagai sekolah sehingga siswa unggul tidak berkumpul di sekolah tertentu yang melahirkan citra sekolah favorit menurut masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s