Pasal Perkawinan Usia Anak Kembali Digugat

Suara Pembaruan, halaman 17

Komponen masyarakat yang menamakan diri Koalisi 18 kembali mengugat syarat usia minimal perkawainan yang tercantum dalam Undang-undang 1/1974 tentang Perkawinan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Ini adalah gugatan kedua setelah sebelumnya ditolak MK pada Juni 2016 lalu. Sidang pendahuluan uji materi (judicial review) yang khusus menggugat pasal 7 ayat 1 UU tersebur sudah digelar 24 Mei 2017.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mendukung penuh upaya masyarakat untuk meningkatkan usia perkawinan, terutama pada perempuan. Dukungan yang sama datang dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komnas Perlindungan Anak.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA Lenny Rosalina, mengatakan pihaknya sangat mendukung perjuangan Koalisi 18 untuk meningkatkan usia perkawinan, terutama pada anak perempuan. Ia juga mengatakan, pihaknya masih mendorong direvisinya UU Perkawinan. Baru-baru ini, Menteri PPPA Yohana Yembise telah melakukan pertemuan dengan Menteri Agama untuk membahas revisi UU Perkawinan, khususnya pasal tentang batas usia kawin untuk anak perempuan. Kementerian PPPA bersama kementerian/lembaga, NGO, para pakar dan akademis telah selesai menyusun naskah akademik revisi UU Perkawinan tersebut. Setelah naskah tersusun akan dibahs dengan Menteri Hukum dan HAM terlebih dahulu.

Dalam naskah akademis tersebut, Kementerian PPPA meminta batas usia perkawinan minimal untuk perempuan di atas 18 tahun. Penetapan batas usia 18 tahun bukan tanpa alasan mengingat konsekuensi perkawinan usia anak terhadap faktor kesehatan, reproduksi, dan pendidikan menjadi alasan yang mendasari usia tersebut sebagai batas kategori status anak. Kementerian PPPA juga mendesak untuk menghapus dispensasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s