Amerika Fasilitasi Beasiswa Doktoral Dosen

Koran Sindo, halaman 2

Amerika Serikat (AS) melalui American Indonesian Exchange Foundation (Aminef) memfasilitasi program beasiswa doktor untuk dosen. Program ini penting karena Indonesia masih kekurangan 15.000 doktor.  Hal itu diungkapkan Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi (SDID) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ali Ghufron Mukti.

Ghufron menjelaskan,  pihaknya kemarin sudah melakukan pendandatanganan perpanjangan kerja sama hingga 2021 dengan Aminef yang menjadi salah satu mitra Kemenristekdikti dalam memfasilitasi beasiswa studi pascasarjana dosen ke berbagai perguruan ternama di AS. Beasiswa tersebut dalam skema Fulbright-Risktedikti.

Mulai 2017, lanjut Ghufron, kuota untuk program doktor ditingkatkan hingga 50 orang per tahun. Selain itu, sarjana-sarjana atau peneliti post doctoral mulai tahun ini juga bisa melakukan riset selama empat hingga enam bulan di universitas terakareditasi di AS.

Ghufron menambahkan, beasiswa tersebut diberikan untuk masa studi selama maksimum tiga tahun dan bisa diperpanjang hingga empat tahun. Setelah kuliah, para dosen itu wajib kembali mengabdi ke kampus untuk mengajar dan melanjutkan penelitian dan pengabdian. Selain itu, mereka juga harus produktif menghasilkan jurnal internasional bereputasi.

Sementara, Direktur Eksekutif Aminef Alan H Feinsten berharap akan banyak dosen di Indonesia menggunakan kesempatan prestisius ini untuk belajar dan melakukan riset di AS. Program Fulbright ini, lanjutnya, sudah berjalan sejak 2009 dengan 180 penerima beasiswa. Mereka terdiri dari 120 penerima yang telah meraih gelar S-3, 24 penerima untuk S-2, dua yang telah melakukan riset untuk program doktoralnya, dan 34 peneliti yang telah melakukan riset pascadoktoral.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s