Siswa Kelas I SD Tak Harus Bisa Baca-Tulis-Hitung

Kompas, halaman 12

Kurikulum 2013 untuk kelas I SD tidak mensyaratkan siswa sudah bisa membaca, menulis, dan menghitung atau calistung. Justru, kurikulum menyiapkan siswa kelas I untuk mulai belajar mengenai huruf dan angka. Hal itu dikatakan Kepala Badan Peneltian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno ketika dimintai penjelasan terkait masa penerimaan murid baru Juni ini.

Totok mengatakan, keliru jika mengira anak-anak yang baru masuk SD diharuskan bisa membaca, menulis, dan menghitung dasar. Jelas diatur bahwa selama belajar di PAUD-TK, anak-anak hanya boleh dididik dengan permainan yang mengembangkan karakter dan kemampuan motorik. Pembelajaran calistung konvensional baru boleh diajarkan ketika anak duduk di kelas I SD. Di dalam tuntutan kompetensi dasar kelas I, tertulis bahwa pada jenjang itu, anak baru mulai belajar persiapan calistung.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Sofia Hartati mengkritik penjelasan yang tercantum di buku pegangan guru. Tercatum definisi kemampuan dasar anak ialah mengetahui fakta yang berdasar kegiatan melihat, mendengar, merasakan, dan membaca. Hal ini yang membuat guru salah kaprah dan mengira anak-anak sudah harus mampu calistung. Ia mengatakan, untuk kasus ini, solusinya adalah mengadakan sosialisasi dan pelatihan kepada guru-guru PAUD, TK, dan SD agar mereka punya persepsi yang sama terhadap kurikulum.

Meski begitu, Sofia menekankan pentingnya mendekatkan anak sedari dini dengan huruf dan angka. Hanya saja, caranya bukan dengan menghafal ataupun menyuruh anak menulis. Hendaknya, sejak di PAUD ruang kelas dipenuhi berbagai gambar dengan kata-kata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s