Biarkan Kampus Berdemokrasi

Kompas, halaman 12

Rencana pelibatan presiden dalam pemilihan rektor hendeknya dibahas secara matang sebelum digulirkan ke publik. Pro-kontra yang berkembang berpotensi mengaburkan substansi, terutama upaya menangkal radikalisme. Pengamat pendidikan Doni Koesoema mengatakan, pemilihan rektor sebaiknya tidak melibatkan presiden karena hal itu bukan tugas pokok dan fungsi presiden. Biarkan demokrasi di kampus berjalan, lalu prosesnya diatur agar para rektor terpilih benar-benar berintegritas.

Menurut Doni, penanggung jawab pendidikan tinggi adalah Menristek Dikti dan perguruan tinggi. Kalau ada kampus terindikasi radikalisme, itu adalah tugasnya untuk membina dan mendampingi dengan memberikan regulasi yang baik, demokratis, dan menghargai otonomi kampus sebagai lembaga pembelajaran independen.

Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Muchlis Luddin mengingatkan, apa pun mekanismenya, pemilihan rektor hendaknya menampilkan figur bereputasi akademik mumpuni serta berkemampuan manajerial kolegial. Muchlis menilai, pemilihan rektor belakangan ini cenderung politicking. Kampus menjadi arena politik praktis sehingga calon yang terpilih lebih karena kemampuan menggalang dukungan, bukan karena kapabilitas keilmuan, manajerial, kepemimpinan, dan jejaring kemitraan. Seusai pemilihan, muncul faksi-faksi yang menghambat kolaborasi untuk memajukan perguruan tinggi.

Sementara itu, Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) S Hamid Hasan memandang beban tugas presiden menjadi lebih berat jika dilibatkan dalam pemilihan rektor. Biarlah pemilihan rektor tetap menjadi otoritas Menristek Dikti dan PT, tetapi surat pengangkatan rektor ditandatangani presiden. Ia menambahkan, siapa yang bisa menjamin bahwa figur yang terpilih jadi rektor mampu menangkal radikalisme kampus. Alangkah merosotnya wibawa presiden jika kemudia radikalisme tak bisa hilang sepenunya di kampus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s