Hasil UN Buruk, Siswi Bunuh Diri

The Jakarta Post, halaman 5

Seorang siswi SMP 2 Manisrenggo Klaten, Jawa Tengah, dilaporkan bunuh diri karena kecewa dengan hasil Ujian Nasional (UN) yang ia dapatkan. Berly Dyah, 16 tahun, ditemukan gantung diri di dapur rumahnya di desa Kebondalem Lor, Klaten.

Kepala Desa Kebondalem Lor Agus Nugroho, yang juga kerabat korban, mengatakan, Berly nekat gantung diri setelah pulang dari sekolah bersama ibunya pada hari Jumat untuk menerima hasil UN. Setiba di rumah, Berly terlihat kecewa dengan hasil UN yang ia peroleh, ia kemudian mengurung diri di kamarnya.

Agus mengatakan, Berly berencana melanjutkan sekolahnya ke SMA Negeri 1 Kalasan, namun hal itu tidak dapat diwujudkannya karena nilai yang didapatkannya tidak mencukupi. Agus tidak mengetahui berapa hasil nilai UN Berly, namun ibunya mengatakan bahwa nilainya tidak cukup untuk masuk ke SMA Negeri 1 Kalasan.

Setelah mengurung diri di kamar selama beberapa jam, Berly diketahui keluar dari kamarnya sekitar pukul 12.30. Kakak perempuannya, Aisyah, mengira Berly ingin pergi ke kamar mandi. Namun, setelah satu jam, Aisyah mulai curiga karena Berly belum kembali ke kamarnya. Aisyah kemudian pergi ke dapur, dan menemukan adiknya tersebut telah mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Beberapa tetangga berusaha menolongnya, namun sayang nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Berly dikenal memiliki prestasi akademis yang bagus dan telah memenangkan lomba puisi dan cerpen tingkat Klaten. Agus mengatakan, orang tua Berly tidak pernah memaksa putiranya itu untuk melanjutkan sekolahnya di SMA 1 Kalasan. Kakek Berly, Tuhono, 65 tahun, mengatakan, sepertinya cucunya itu sangat termotivasi untuk bisa masuk ke SMAN 1 Kalasan, namun kegagalannya itu membuatnya malu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s