Siswa Kelas Rendah Terbanyak Mengulang

Kompas, halaman 12, Sabtu, 3 Juni

Keberhasilan siswa kelas rendah di jenjang sekolah dasar, yakni kelas I-III, untuk mengikuti pembelajaran dengan baik masih mengalami kendala. Dalam dua tahun terakhir, terdata 300.000-400.000 siswa SD per tahun terpaksa mengulang alias tidak naik kelas. Padahal, pada 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pernah mengeluarkan kebijakan agar siswa SD tidak boleh tidak naik kelas.

Berdasarkan Ikhtisar Data Pendidikan 2016/2017 yang dikeluarkan Kemdikbud, jumlah siswa SD yang mengulang sebanyak 361.215 anak dari total 25,6 juta siswa SD. Pada data tahun sebelumnya, siswa yang tidak naik kelas mencapai 422.082 anak. Di kelas I, siswa yang mengulang sebanyak 149.972 anak, kelas II sejumlah 76.816 anak, dan kelas III sebanyak 63.396 anak.

Dosen Program Studi Pendidikan Guru SD Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta Murniati Agustin mengatakan, kelas rendah yang jumlah siswa lebih dari 30  orang seharusnya membutuhkan guru kelompok atau team teaching. Namun, cara ini belum membudaya di SD di Indonesia. Ia mengatakan, jika ada team teaching di kelas rendah, satu guru bisa fokus membantu siswa yang masih kesulitan belajar, sedangkan yang satunya bisa melayani siswa yang siap dengan materi yang sudah ditentukan.

Selain itu, sekolah dan guru seharusnya dapat memetakan pengetahuan awal siswa. Jika ada tes di SD, tidak untuk diterima atau tidak masuk sekolah tersebut, tetapi sebagai upaya memetakan. Dengan demikian, sejak awal guru mengetahui keragaman kemampuan siswa sehingga dapat mendesain pembelajaran yang menyenangkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s