Diharapkan Banyak Sekolah Terapkan Kurikulum 2013

www.okezone.com

Dinas Pendidikan Dinas dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menargetkan semakin banyak SD dan SMP di wilayah itu yang menerapkan Kurikulum 2013 (K-13). Kepala Seksi Kurikulum Dispendasbud Mimika, Manto Ginting, di Timika, Senin (5/6/2017), mengatakan bahwa sebanyak 18 SMP dan 28 SD ditargetkan menerapkan K-13 pada tahun ajaran baru 2017.

Manto mengatakan, tahun lalu sudah ada tujuh SMP dan 50 SD. Jadi untuk SMP tinggal sekira 20 sekolah sedangkan SD lebih kurang 100 lagi yang belum terapkan K-13 khususnya sekolah-sekolah kecil dan di pedalaman. Ia menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan Mimika telah meminta sekolah-sekolah di wilayah itu untuk menerapkan K-13. Namun, hal itu dinilai gagal lantaran para guru belum dipersiapkan.

Ia menambahkan, sekolah yang menerapkan K-13 itu adalah sekolah yang para gurunya telah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) K-13. Setelah itu baru pihaknya mengeluarkan surat keputusan untuk sekolah bersangkutan menerapkan K-13.

Untuk mendukung penerapan K-13 di Mimika, diagendakan pada pekan kedua Juni, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Papua (LPMP) akan melaksanakan pelatihan bagi guru-guru SD dan SMP di wilayah itu. Selain bimtek, dinas pendidikan juga mengagendakan pengadaan buku pelajaran pegangan guru dan siswa tahun ini khusus untuk sekolah negeri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s