UGM Sisipkan Nilai Pancasila di Tiap Mata Kuliah

www.republika.co.id

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Panut Mulyono mengatakan telah menerbitkan imbauan kepada seluruh dosen di kampusnya agar menyisipkan materi implementasi nilai-nilai Pancasila di setiap mata kuliah. Menurut Panut, sebagai universitas yang telah mendeklarasikan diri sebagai kampus Pancasila, UGM memiliki kewajiban membantu membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Upaya itu perlu dilakukan karena sebagai ideologi negara yang final, Panut menilai hingga saat ini masih lebih banyak sebatas dibicarakan di berbagai forum diskusi daripada diamalkan dan dikontekstualisasikan dalam kehidupan.

Menurut Panut, Pancasila tidak boleh hanya didiskusikan secara verbal saja tanpa dikontekstualisasikan dengan apa yang dilakukan dalam bermasyarakat. Karena itu, saat ini UGM tengah memformulasikan metodologi perkuliahan yang baku agar Pancasila betul-betul bisa masuk dalam aktivitas pendidikan di kampus. Pancasila juga harus bisa diimplementasikan dalam tri darma perguruan tinggi.

Meski masih sebatas imbauan bagi dosen, menurut dia, penyisipan implementasi Pancasila dalam materi perkuliahan sudah dimulai di UGM. Dosen dapat bercerita mengenai kesesuaian kondisi perekonomian Indonesia saat ini dengan nilai Pancasila.
Mahasiswa, kata dia, antara lain dapat mendiskusikan solusi terhadap tingginya gap antara masyarakat yang kaya dan miskin yang tidak mencerminkan cita-cita Pancasila, contohnya.

Selain disampaikan dalam materi perkuliahan, menurut Panut, UGM juga terus berupaya menyelenggarakan forum-forum kepala daerah, untuk mendengarkan berbagai kendala yang dihadapi masing-masing daerah serta membantu daerah terhindar dari kesenjangan kemakmuran yang tinggi. Karena memperjuangkan kemakmuran itu juga suatu praktik dari Pancasila.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s