Iptek Belum Diperhitungkan

Kompas, halaman 12

Potensi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional belum diperhitungkan. Akibatnya, investasi pengembangan riset, baik di perguruan tinggi maupun lembaga riset, masih minim. Investasi untuk mendukung penguatan dan pengembangan riset pun masih jauh dari kebutuhan untuk menghasilkan inovasi yang dapat meningkatkan daya saing bangsa. Hal itu mengemuka dalam diskusi yang membahas return on investment (ROI) untuk investasi sektor publik, terutama dalam pendidikan tinggi dan riset, di Jakarta, Selasa (6/6).

Alan O`Connor, ahli ekonomi dari lembaga riset Research Triangle Institute (RTI) International, mengatakan, perguruan tinggi semakin berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Potensinya dalam menghasilkan banyak riset harus dilihat dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi. Investasi dalam riset di perguruan tinggi perlu dihitung dampaknya, seberapa besar memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Alan menyebutkan, dimensi ROI untuk melihat hasil investasi riset dalam meningkatkan pertumbuhan dan daya saing antara lain dengan menghitung dampaknya pada pengembangan dunia kerja dan produktivitas, kolaborasi industri-universitas, perusahaan start-up dan industri yang muncul, serta layanan dan teknologi baru.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristek Dikti Muhammad Dimyati mengatakan, iptek di Indoneia belum dilirik untuk perkembangan ekonomi nasional. Padahal, iptek menjadi penting untuk melahirkan inovasi yang mendominasi di dalam negeri. dari kajian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sekitar 58 persen inovasi Indonesia didominasi negara lain. Padahal, Indonesia ingin mewujudkan kemandirian bangsa berbasis iptek.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s