Kampus Terkemuka Indonesia akan Wajibkan Materi Pancasila

www.jakartaglobe.id

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Panut Mulyono, mengatakan, UGM berencana melakukan tindakan yang lebih konkret guna membersihkan kampus dari ajaran agama yang radikal, termasuk kewajiban pemberian materi tentang ideologi negara Pancasila. Ia mengatakan, Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nantinya, para dosen akan diwajibkan untuk menyampaikan materi terkait Pancasila selama 30 menit saat memberikan kuliah.

Panut setuju dengan keputusan pemerintah untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), dengan mengatakan bahwa UGM tidak akan mentolerir ideologi radikal yang dianut oleh kelompok tersebut.

Pihak rektorat kampus juga akan mengeluarkan arahan untuk memastikan bahwa penyelenggaraan kuliah agama Islam di UGM harus berlandaskan Islam yang rahmatan lil alamin (berkah bagi alam semesta). Pihaknya juga telah mengubah pengelolaan masjid kampus agar tidak menjadi tempat masuknya paham radikal.

Pengelolaan masjid kampus akan diambil alih langsung oleh Badan Pengelolaan Masjid Kampus UGM, yang sebelumnya dikelola oleh sebuah yayasan independen. UGM juga akan melibatkan para dosennya sebagai anggota yang akan memantau kegiatan keagamaan kampus, termasuk isi ceramah di dalam masjid. Pengambil alihan pengelolaan masjid tersebut, lanjut Panut, telah dipersiapkan pendahulunya yaitu Prof Dwikorita Karnawati.

Dia mengatakan, membiarkan masjid di bawah pengawasan sebuah yayasan independen akan membuatnya lebih rentan dimasuki pengaruh ajaran-ajaran radikal. UGM, ujarnya, adalah ‘kampus Pancasila’ dan akan mengimplementasikan lima butir Pancasila dalam seluruh kegiatannya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s