PPDB Tingkat SMA/SMK di Banten Amburadul

Indopos, halaman 10

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sejumlah SMA negeri dan SMK negeri di Provinsi Banten amburadul. Pasalnya, sistem PPDB online yang diterapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten tidak berjalan sesuai harapan masyarakat. Pasalnya, sistem online pendaftaran untuk itngkat sekolah menengah atas itu sangat lambat. Sedangkan sistem online untuk masuk SMKN malah tidak bisa digunakan sama sekali alias offline. Akibatnya, siswa yang hendak mendaftar ke sistem online resah.

Sejak pagi pukul 07.30 WIB, para lulusan SMP/sederajat beserta orangtuanya mendatangi SMA negeri dan SMK negeri yang jadi tujuan melanjutkan sekolah. Lantaran para lulusan SMP beserta orangtuanya kesulitan mendaftar melalui sistem online.

Mereka berharap dengan datang ke sekolah tujuan akan bisa mendaftar. Sayangnya, keinginan siswa dan orangtuanya itu terbentur Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, khususnya Pasal 74 (ayat 1 dan 2) dan Pasal 82 (ayat 1 dan 2) tentang Penerimaan Peserta Didik pada Satuan Pendidikan Dasar/Menengah yang objektif, transparan, dan akuntabel harus melalui online.

Para lulusan SMP/ sederajat dan orangtuanya mengeluhkan bahwa website penerimaan online tidak bisa dibuka dan sangat lambat. Ditempat terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SMA Dindikbud Banten, Adang Abdurahman ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa sistem online pada penerimaan siswa baru tahun 2017 bermasalah. Hal itu dikarenakan, pendaftaran yang dilakukan secara bersamaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s