3 Perguruan Tinggi Masuk 500 Top Dunia

Kompas, halaman 12

Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) mampu menembus 500 besar perguruan tinggi bergengsi di dunia. Pemeringkatan ini dilakukan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 yang dirilis Kamis (8/6). Pemeringkatan QS dilakukan pada lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara. Peringkat UI naik menjadi ke-277 (naik 48 peringkat), ITB di peringkat 331, dan UGM naik di peringkat 402 (naik 99 peringkat).

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, pemeringkatan ini menegaskan, kembali akan keahlian UI sebagai universitas terbaik bangsa pada bidang Sosial Humaniora, Kesehatan, dan Sains Teknologi. Pihaknya akan terus gencar melakukan peningkatan mutu pengajaran, pengabdian masyarakat, serta terlibat dalam penelitian mutakhir untuk turut berkontribusi untuk menciptkan nilai kompettitif dan unggul Indonesia.

Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM Indra Wijaya Kusuma mengatakan, pada periode penilaian sebelumnya, UGM masih menempati peringkat 501 dunia. Karena itu, lompatan yang dialami tahun ini menunjukkan besarnya komitmen serta kerja keras yang telah dilakukan oleh segenap sivitas akademika UGM dalam meningkatkan kegiatan di UGM.

Ke depan, lanjut Indra, UGM memiliki tantangan untuk meneruskan kemajuan pencapaian pada tahun ini demi kesinambungan peningkatan kualitas. Untuk itu, perbaikan harus terus dilakukan di semua aspek, terutama aspek riset, publikasi, dan sitasi UGM.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s