3 PTN Masuk 500 Besar Dunia PTS Diminta Distimulus

Media Indonesia, halaman 11

Tahun ini tiga perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia masuk peringkat 500 besar Quacquarelli Symonds (QS) World University 2017. Tiga PTN itu ialah Universitas Indonesia (UI), Istitut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

UI kini berada di peringkat 277 atau naik 48 peringkat dari posisi 325. Kemudian ITB pada peringkat 331, dan UGM pada peringkat 402, naik 99 peringkat dari tahun lalu. Pada peringkat sebelumnya, yaitu posisi 501.

Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM Prof Indra Wijaya Kusuma mengatakan, sebenarnya UGM ditargetkan Kemenristekdikti masuk 500 besar dunia. Jadi, dengan peringkat ke 402, UGM sebenarnya sudah melampaui target. Hal itu, lanjutnya, menunjukkan besarnya komitmen serta kerja keras segenap sivitas akademika UGM.

Pakar Pendidikan tinggi Edy Suandy Hamid mengapresiasi capaian tiga PTN ini. Namun, ia mengingatkan bahwa keberadaan PT di Indonesia sebenarnya jauh di bawah sejumlah PT di kawasan ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina yang sudah masuk peringkat 500 QS sejak lama.

Ia menyarankan agar memacu lebih PT, baik PTN dan PTS masuk peringkat QS, harus diberikan stimulus lebih besar. Pemerintah perlu mensitumulus PTS seperti halnya menstimulus PTN karena menurutnya cukup banyak PTS yang potensial masuk daftar QS.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s