Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia dalam Global QS Ranking Naik

The Jakarta Post, halaman 3

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) mengatakan, ia optimis bahwa perguruan tinggi (PT) di Indonesia dapat lebih kompetitif dalam kancah internasional. Menristekdikti mempertimbangkan hal itu karena naiknya peringkat kampus-kampus top Indonesia dalam sebuah daftar universitas terbaik dunia yang baru-baru ini dirilis.

Sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga pemeringkat pendidikan dunia Quacquarelli Symonds (QS) yang dirilis pada hari Kamis lalu menempatkan tiga perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia berada dalam jajaran 500 universitas terbaik dunia.

Dalam survei QS berjudul “World University Rankings 2018”, Universitas Indonesia (UI) Depok berada di peringkat 227, naik dari posisi 325 pada tahun sebelumnya. Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta masing-masing menempati peringkat ke 331 dan 402.

Berbicara di depan mahasiswa dan tamu undangan saat memberikan kuliah umum di Universitas Borneo Tarakan (UBT) Kalimantan Utara, Menristekdikti Mohammad Nasir memuji prestasi yang telah dicapai oleh tiga PTN tersebut. Ketiga PTN tersebut, lanjut Nasir, telah melakukan lompatan yang signifikan dalam pemeringkatan QS rangking. Hal ini membuktikan bahwa kualitas perguruan tinggi  Indonesia meningkat dari tahun ke tahunnya.

Di tingkat Asia, UI menempati peringkat 67, sementara ITB dan UGM berada di peringkat 86 dan 105. Survei QS University Rankings dalam sistem penilaiannya menggunakan enam indikator, dimana reputasi akademis berkontribusi sebesar 40 persen dari keseluruhan penilaian.

Indikator lainnya adalah reputasi pimpinan PT, rasio dosen dengan mahasiswa di tiap fakultas, jumlah publikasi yang dihasilkan tiap fakultas, serta jumlah pengajar internasional dan mahasiswa intersional dalam tiap fakultas.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, hasil QS rangking tersebut menunjukan bahwa pendidikan tinggi Indonesia telah diakui secara global. UI, lanjutnya, merasa bangga berada di antara 300 kampus terbaik dunia. UI akan terus berupaya meningkatkan kualitas pengajarannya. Hasil yang telah dicapai UI menunjukkan bahwa keahlian di bidang ilmu sosial, humaniora, studi kesehatan dan sains merupakan keunggulan UI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s