Siapkan Layanan Fleksibel untuk Anak Putus Sekolah

Kompas, halaman 12

Layanan pendidikan khusus yang fleksibel dan sesuai dengan kondisi anak-anak putus sekolah perlu dikembangkan agar mereka berminat kembali belajar di sekolah formal ataupun nonformal. Ketua Umum Gerakan Indonesia Pintar Yanti Sriyulianti mengatakan, berbagai terobosan perlu dilakukan pemerintah pusat, daerah, sekolah, dan masyarakat untuk memastikan hak pendidikan warga negara tidak terabaikan.

Demi mengatasi masalah tersebut, Provinsi Jawa Barat melakukan terobosan dengan memperbanyak SMP dan SMA/SMK terbuka. Ketua Tim Teknis SMA Terbuka Jawa Barat Dedeh Suantini mengatakan, lulusan SMP yang tidak lanjut ke SMA/SMK tahun lalu terdata 180.000 anak. Mereka akan dijangkau dengan pengembangan masif SMA/SMK terbuka di seluruh Jawa Barat. Tahun ini targetnya bisa melayani sekitar 81.000 siswa. Menurut Dedeh, SMA/SMK terbuka dilakukan di tempat kegiatan belajar yang dekat domisili peserta didik. Semua biaya, termasuk buku dan seragam, disediakan oleh pemerintah.

Dedeh menambahkan, meskipun layanan pendidikan gratis disediakan, tidak bisa dijamin bahwa anak-anak yang putus sekolah langsung mau ikut. Sejumlah faktor yang membuat mereka terkendala, seperti ekonomi sehingga harus bekerja, geografis, hingga hambatan budaya dan motivasi yang rendah.

SMA/SMK terbuka itu dikelola dengan fleksibel. Jadwal belajar tidak tiap hari, tetapi juga bisa dua kali dalam seminggu. Karena itu perlu disiapkan modul belajar dan materi belajar lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk membuat peserta didik fleksibel belajar dan mampu belajar mandiri. Selain itu, ada penguatan keterampilan dan kewirausahaan yang sesuai dengan kondisi dan potensi daerah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s