Kebijakan Lima Hari Sekolah Ditentang

Republika, halaman 4

Sejumlah pihak menentang kebijakan yang akan dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai sekolah lima hari sepekan dan belajar delapan jam per hari.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid menilai kebijakan itu akan berpengaruh terhadap praktik penyelenggaraan pendidikan keagamaan yang selama ini dikelola swadaya masyarakat. Zainut meminta  Kemendikbud mengkaji  kebijakan tersebut karena praktik pendidikan keagamaan biasanya dimulai sepulang dari sekolah.

Zainut menjelaskan, pendidikan dengan model Madrasah Diniyah dan pesantren selama ini telah memberikan kontribusi besar bagi penguatan nilai-nilai keagamaan. Juga berkontribusi dalam pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai akhlak mulia bagi anak didik. Namun, dengan diberlakukannya pendidikan selama delapan jam sehari dapat dipastikan pendidikan dengan model Madrasah akan gulung tikar. Padahal keberadaan Madrasah masih sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Terkait hal itu, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, penerapan kebijakan sekolah lima hari dalam sepekan dilakukan dengan dua cara. Pertama, siswa melaksanakan kegiatan belajar di satu sekolah penuh, mulai pagi hingga sore, dengan menggunakan fasilitas belajar di sekolah. Kedua, siswa belajar di sekolah sampai siang, setelah itu dilanjutkan di sekolah atau lembaga lain seperti madrasah diniyah, pesantren, sanggar seni, olahraga, museum, dan tempat belajar lain yang dapat dipilih siswa sendiri.

Sementera itu, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemendikbud Dian Wahyuni menyatakan, peraturan mentri mengenai kebijakan sekolah lima hari tersebut ditargetkan selesai pada pekan ini. Kebijakan tersebut, lanjutnya, akan dimuai pada tahun ajaran 2017/2018.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s