148.066 Orang Lulus SBMPTN 2017

Kompas, halaman 11

Penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dalam tiga tahun terakhir terus meningkat. Tahun ini, 148.066 orang diterima di 85 perguruan tinggi negeri diterima masuk lewat jalur tes tertulis. Mahasiswa yang diterima tersebut mencapai 14,36 persen dari total pendaftar sebanyak 797.738. Pada 2015, jumlah mahasiswa yang diterima lewat jalur tertulis SBMPTN sebanyak 115.788 orang dan pada 2016 sebanyak 126.804 orang.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan, di antara mahasiswa baru yang diterima, ada 38 penyandang disabilitas. Mereka tidak hanya diterima di program studi pendidikan luar biasa. Ada juga yang diterima di jurusan teknik industri, akuntansi, dan arsitektur. Ia juga mengatakan bahwa peminat beasiswa bidikmisi juga meningkat dan kuota yang disediakan tidak mencukupi. Ia meminta PTN bisa mencari tambahannya.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristek Dikti Intan Ahmad mengatakan, sesuai ketentuan dalam UU Pendidikan Tinggi, setiap PTN wajib menerima minimal 20 persen mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Beasiswa Bidikmisi diberikan untuk mahasiswa yang masuk lewat jalur seleksi tanpa tes, SBMPTN, dan jalur mandiri. Jika kuota Bidikmisi tidak mencukupi, tiap rektor mengupayakan supaya mahasiswa tetap bisa mendapatkan beasiswa.

Penerima Beasiswa Bidikmisi lewat SBMPTN tahun ini mencapai 23 persen atau sebanyak 34.098 orang. Jumlah penerima Bidikmisi dalam tiga tahun ini naik lebih dari 21 persen. Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto mengatakan, untuk menambah kekurangan beasiswa bidikmisi, IPB menggalang dana dari alumni. Penggalangan dana juga dilakukan dari sektor swasta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s