Lima Hari Sekolah Mulai Juni

Kompas, halaman 11

Penerapan lima hari sekolah, yakni dari Senin hingga Jumat atau selama delapan jam sehari, yang akan dimulai pada tahun ajaran 2017-2018 atau Juli mendatang berlaku untuk semua sekolah. Namun, implementasinya bergantung pada kesiapan sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, peraturan menteri terkait pengaturan lima hari sekolah diterbitkan pada 9 Juni 2017.

Perpanjangan jam pengajaran jadi delapan jam, kata Muhadjir, digunakan untuk program penguatan karakter yang tak melulu dilakukan di sekolah. Dengan demikian, aktivitas siswa tidak harus di kelas, di sekolah, atau diajarkan oleh guru sekolah. Sekolah bisa bekerja sama dengan lembaga pendidikan di luar sekolah seperti madrasah diniyah, masjid, gereja, sanggar kesenian.

Namun, sejumlah orangtua murid menolak program tersebut. Selain sarana dan prasarana sekolah yang belum mendukung, program itu dinilai bisa menghambat tumbuh kembang serta keterampilan (soft skills) anak. Rota Hidayati (40), warga Semarang, Jawa Tengah, misalnya, berpendapat pemerintah perlu mempertimbangkan kembali program tersebut. Dengan sistem pembelajaran saat ini saja, anak terbebani banyak tugas dan hafalan pelajaran. Rita khawatir sekolah bukan lagi kegiatan menyenangkan, malah membebani anak.

Christiana (44), warga Sleman, DI Yogyakarta, juga khawatir kalau anaknya, Firra (14) yang akan naik ke kelas II SMP, tak punya ketahanan fisik yang cukup untuk bersekolah selama delapan jam. Ia juga merasa rutinitas anaknya di luar sekolah dapat terganggu, mengingat anaknya mengikuti kursus lain di luar sekolah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s