Tak Semua Daerah Siap Lima Hari Sekolah

Republika, halaman 1

Sejumlah pihak terkait pendidikan menilai, sekolah-sekolah di daerah belum siap mengikuti penerapan lima hari sekolah yang rencananya diatur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai Juli ini. Berbagai faktor dari fasilitas hingga budaya lokal dijadikan alasanya. Kepala Dinas Pendidkan Kabupaten Bandung, Juhana, mengatakan, sekolah lima hari di Kabupaten Bandung bisa dilaksanakan, tapi hanya untuk beberapa sekolah. Karena, masih ada sekola dua shift dan juga faktor geografis. Presentase sekolah yang bisa melaksanakan lima hari sekolah di Kabupaten Bandung sebanyak 50 persen.

Hal senada diungkapkan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sleman, Sudiyo, yang mengatakan bahwa pemerintah harus mengadakan sosialisasi secara intens dan mengantisipasi terkait jam makan siang, baik untuk guru maupun siswa. Namun demikian, ia berpendapat hari Sabtu tetap masuk sekolah untuk pengembangan diri atau kegiatan ekstrakurikuler.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Joko Susilo, mengatakan, pihaknya akan mengadakan rapat terkait kebijakan tersebut, termasuk muatan pendidikan agama di sekolah.  Karena, hal itu akan berpengaruh terhadap pelajar yang setiap sore mengikuti madrasah diniyah atau pendidikan Alquran.

Terkait belum meratanya kesiapan pelaksanaan lima hari sekolah, Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan, penerapannya akan dilakukan secara bertahap. Ia mengimbau kepada para kepala sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) agar dapat berkoordinasi dengan Dinas pendidikan setempat untuk memetakan sekolah-sekolah yang sudah siap melaksanakan kebijakan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s