Jangan Paksakan 5 Hari Sekolah

Kompas, halaman 11

Kesiapan implementasi kebijakan lima hari sekolah yang akan dimulai tahun ajaran baru 2017/2018 pada Juli dipertanyakan. Komisi X DPR meminta kebijakan lima hari sekolah tidak dipaksakan di semua sekolah, tetapi sebagai pilihan sesuai dengan kebutuhan. Kebijakan ini dinilai lebih menimbulkan kegaduhan karena beragam dampak yang bakal mengemuka di lapangan. Persoalan itu mengemuka dalam Rapat Kerja Komisi X DPR dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, di Jakarta, Selasa (13/6).

Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah mengatakan, pihaknya meminta kebijakan lima hari sekolah dikaji betul dampaknya dan disosialisasikan sebelum diterapkan. Jika siswa berada di sekolah hingga delapan jam per hari, tetapi di sekolah tidak ada fasilitas pendukung dan aktivitas yang menarik, siswa akan stres. Di daerah terpencil, banyak siswa yang berjarak jauh dari sekolah. Mereka berangkat pagi-pagi ke sekolah dan pulang lebih sore. Belum lagi perihal apakah siswa memiliki asupan nutrisi yang benar di sekolah.

Desakan untuk tidak memaksakan penerapan kebijakan lima hari sekolah juga disampaikan sejumlah organisasi guru. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan, PGRI memahami niat baik pemerintah sebagai upaya untuk menjaga, menumbuhkan, dan menanamkan karakter peserta didik. Namun, lima hari berada di sekolah hingga sore tanpa persiapan secara matang dapat menimbulkan reaksi yang beragam dan cenderung tidak postif. Menurut Unifah, pemerintah sebaiknya membentuk tim khusus untuk mendialogkan secara serius kebijakan ini dengan pemerintah daerah dan sejumlah pihak yang relevan.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, keputusan itu harus ditinjau ulang dan harus diambil dalam rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden. Ia mengatakan, keputusan tersebut menyangkut nasib 50 juta anak Indonesia yang terdampak. Jadi tidak boleh diputuskan di tingkat menteri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s