Dana Tersendat, Kuliah di Unipa Terhenti Lagi

Kompas, halaman 10

Perkuliahan tatap muka mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Papua kembali terhenti karena biaya operasional perkuliahan dari Pemerintah Kabupaten Sorong tersendat. Kini, mahasiswa memperjuangkan haknya untuk kuliah ke sejumlah pihak. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FK Unipa Indah Wainsaf mengatakan, sejak 29 April 2017, perkuliahan tatap muka di FK Unipa terhenti. Saat ini, kata dia, pihaknya memperjuangkan hak kepada beberapa pihak. Ada perwakilan yang ke Pemprov Papua Barat dan ada juga yang ke Jakarta.

Dekan FK Unipa Kanadi Sumadipradja mengatakan, terhentinya perkuliahan disebabkan macetnya dana pengampuan dari pemerintah daerah kepada FK Universitas Indonesia selaku pengampu FK Unipa. Saat itu, perkuliahan terhenti karena dana pengampuan Unipa ke FKUI tidak dibayarkan. FKUI tidak sanggup lagi mengirimkan dosennya ke FK Unipa. Sebanyak 102 mahasiswa terganggu kuliahnya.

Pemerintah Kabupaten Sorong pernah menawarkan diri untuk membantu sejumlah dana untuk operasional kuliah. Harapannya, ini bisa menutupi keperluan setidaknya sampai 2017. Namun, dana yang diberikan hanya cukup untuk membiayai operasional perkuliahan selama lebih kurang enam minggu. Kanadi sempat menyampaikan kepada rektorat bahwa dana operasional dari Pemkab Sorong mulai menipis. Namun, belum ada tindak lanjut apa pun hingga saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s