Keberagaman Sekolah dan Daerah Dihargai

Kompas, halaman 12

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menegaskan bahwa kebijakan lima hari sekolah hanya bersifat fakultatif atau hanya pilihan. Kebijakan tersebut hanya berlaku untuk sekolah yang memadai dari segi sumber daya dan ditopang oleh lingkungan sekitar.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad, di Jakarta, Kamis (15/6), mengatakan, kebijakan lima hari sekolah diserahkan kepada daerah untuk mendata sekolah yang siap melaksanakan pada Juli nanti dan sekolah mana yang belum siap. Keberagaman sekolah, termasuk kondisi geografis, tetap dipertimbangkan.

Hamid mengingatkan, sebenarnya, jika Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan optimal, siswa sebenarnya pulang sore. Jam sekolah siswa SMP, misalnya, bisa hingga pukul 15.00. Adapun siswa SMA bisa pukul 15.30. Siswa SMK malah bisa hingga pukul 17.00. Hamid mengatakan, 8 jam per hari di sekolah tidak berarti terus-menerus belajar di kelas. Dua jam tambahan di sekolah diisi dengan kegiatan di luar ruang kelas/sekolah dengan beragam aktivitas kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Hamid mengatakan, Kemdikbud akan segera berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama untuk menyusun teknis kerja sama sekolah dengan lembaga pendidikan, seperti madrasah diniyah dan pondok pesantren. Sekolah diharapkan mengoptimalkan sumber-sumber belajar di luar sekolah dengan menjalin kolaborasi dan mendorong partisipasi masyarakat.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemdikbud Ari Santoso, Kamis, menjelaskan, petunjuk teknis penerapan lima hari sekolah sudah disiapkan dan segera terbit pekan depan. Petunjuk teknis ini akan menjadi acuan bagi sekolah untuk menjalankan program penguatan pendidikan karakter dengan titik berat pada lima nilai utama, yaitu religius, nasionalis, gotong royong, mandiri, dan integritas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s