Buku Gratis untuk Pacu Minat Baca

Kompas, halaman 13

Belum semua anak Indonesia mempunyai akses untuk membaca buku bermutu. Padahal, membaca buku dapat meningkatkan wawasan, ilmu pengetahuan, dan pembentukan karakter sejak usia dini. Pemberian bantuan buku untuk anak-anak yang kesulitan akses karena alasan ekonomi diharapkan menjadi solusi. Hari Sabtu (17/6), Kompas Gramedia melalui Gerakan Literasi Nusantara #AkuBaca menyalurkan paket Buku Bergerak ke taman bacaan masyarakat ke sejumlah daerah di Tanah Air.

General Manager Communication Management Kompas Gramedia Saiful Bahri, menjelaskan, pada tahap pertama, pihaknya mengirimkan 11 koli paket buku ke 11 taman bacaan masyarakat yang tersebar di enam provinsi di Indonesia, yaitu Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Riau. Sebagian buku di antaranya berupa buku bacaan anak-anak dan pengetahuan umum. Totalnya, sekitar 400 judul. Misi dari program ini adalah untuk menumbuhkan minat baca anak Indonesia.

Langkah tersebut relevan dengan catatan UNESCO 2015 bahwa minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001 persen. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 orang suka membaca. Gerakan Literasi Nusantara #AkuBAca untuk mendukung program pengiriman buku gratis dari pemerintah ke daerah. Penyaluran paket buku dilakukan pada tanggal 17 setiap bulan melalui PT Pos Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s