Mendikbud Perbolehkan Penarikan Biaya

Media Indonesia, halaman 23

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam kaitan pemberlakuan sekolah lima hari membolehkan pihak sekolah untuk menarik biaya tambahan kepada orangtua atau wali murid untuk keperluan melengkapi sarana dan prasarana program penguatan karakter lima hari sekolah yang resmi diberlakukan tahun ini.

Hal itu dengan catatan, penarikan yang dilakukan disepakati bersama oleh orangtua, diputuskan melalui komite sekolah, dan untuk kemajuan sekolah. Serta, tidak memberatkan pihak orangtua. Namun, jika membebani orangtua, penarikan itu tidak boleh dilakukan. Hal itu disampaikan Mendikbud saat mendampingi kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Gedung Pemuda Kabupaten Temanggung pada Sabtu (17/6).

Muhadjir memastikan program penguatan karakter sekolah lima hari tetap akan dilakukan tahun ini. Sebab, hal itu sudah menjadi program pemerintah. Namun demikian, penguatan karakter tidak melulu harus dilakukan di dalam sekolah, bisa juga di luar sekolah. Dijelaskan, pemberlakuan program lima hari sekolah ini membutuhkan perubahan pola pikir dari pihak sekolah, terutama kepala sekolah. Untuk itu, pola pikir para kepala sekolah tersebut yang akan ia ubah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s