Meski Banyak Ditentang, Kemendikbud Tetap Lanjutkan Penambahan Jam Belajar Sekolah

The Jakarta Post, halaman 3, Sabtu, 17 Juni

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan tetap melanjutkan rencananya untuk memberlakukan lima hari sekolah dalam sepekan pada Juli nanti meskipun Presiden “Jokowi” Widodo memerintahkan untuk menunda rencana tersebut. Mendikbud beralasan bahwa dia belum mendengar perintah tersebut. dan program tersebut akan dilaksanakan secara bertahap.

Pada Juni ini, Muhadjir telah menandatangani sebuah Permendikbud tentang penambahan jam belajar sekolah dari lima jam menjadi delapan jam, dan pengurangan jumlah hari sekolah dari enam hari menjadi lima hari dalam sepekan, kecuali untuk TK dan sekolah berbasis agama.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad, mengatakan, mereka belum menerima surat pemberitahuan resmi dari presiden tentang penundaan pelaksanaan program tersebut, maka dari itu pihaknya akan melaksanakannya. Kecuali, lanjutnya, jika Presiden secara resmi memerintahkan untuk ditunda.

Hamid mengatakan, pada awal tahun ajaran baru di bulan Juli ini, sekitar 9.380 sekolah di seluruh Tanah Air akan mulai memberlakukan kebijakan tersebut. Sekolah-sekolah yang melaksanakan kebijakan tersebut harus memiliki jumlah guru dan sarana prasana sekolah yang memadai.

kemendikbud juga berencana menerapkan peraturan pemerintah (PP) No. 19/2017, yang akan menambah jam kerja guru hingga 40 jam per minggu. Dalam peraturan itu, guru tidak diharuskan mengajar selama 24 jam di dalam kelas. Sebaliknya, mereka memindahkan program belajar mengajarnya di luar kelas atau dengan melakukan kunjungan lapangan.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Surapranata mengatakan, untuk memenuhi persyaratan tersebut, guru harus melakukan penilaian terhadap karya siswa mereka dan merencanakan silabus serta memberikan tugas-tugas lainnya seperti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s