Kiai Ma’ruf: Jokowi Siapkan Perpres Lima Hari Sekolah

Republika, halaman 1

Presiden Joko Widodo akhirnya turun tangan terhadap kebijakan lima hari sekolah. Kepala negara dikatakan akan menata ulang program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu. Jika sebelumnya yang menjadi basis adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017, nantinya dasar aturan yang berlaku adalah peraturan Presiden. Hal itu disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin.

Menurut Kiai Ma’ruf, penataan ulang ini merupakan respons atas berbagai aspirasi yang berkembang di masyarakat. Penataan aturan terkait program lima hari sekolah (LHS) akan melibatkan menteri-menteri terkait, seperti Mendikbud, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri. Selain itu, unsur masyarakat seperti MUI, organisasi massa Islam, dan pihak-pihak lainnya akan dilibatkan.

Sebelumnya, Mendikbud telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah pada 9 Juni 2017 yang meregulasi waktu sekolah selama 5 hari masing-masing 8 jam dengan mendapat pendidikan pelajaran dan kegiatan program penguatan karakter.

Ma’ruf menambahkan pemberlakuan regulasi tersebut akan menunggu Perpres. Peraturan Presiden nantinya akan memperkuat sejumlah lembaga pendidikan Islami seperti Madrasah Diniyah.

Sementara itu Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan, Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 merupakan hasil rapat terbatas (ratas) 21 Februari 2017 yang telah disetujui Presiden untuk menyinkronkan libur sekolah dengan libur pegawai sehingga Sabtu dan Minggu dapat digunakan sebagai hari libur masyarakat melalui PP No. 19 Tahun 2017.

Namun demikian, seiring penguatan aturan dari permendikbud menjadi perpres, program LHS belum tentu akan dilaksanakan pada tahun ajaran ini (2017/2018) sebab pemerintah sedang meninjau kembali program tersebut bersama-sama sejumlah pihak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s