Pengamat Pendidikan: Kebijakan 5 Hari Sekolah Minim Koordinasi

Suara Pembaruan, halaman 16

Setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengeluarkan wacana hingga menerbitkan Permendikbud tentang 5 Hari Sekolah, masih banyak Pemerintah Daerah (Pemda) yang menolak kebijakan tersebut. Pengamat pendidikan Indonesia, Indra Charismiadji mengatakan, penolakan yang dilakukan oleh kepala daerah dan masyarakat karena minimnya soisalisasi tentang kebijakan itu.

Menurut Indra, dalam membuat kebijkan, Mendikbud juga harus berdialog dengan Kementerian yang terkait dengan pemeritnah daerah. Dalam hal ini, melibatkan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Pasalnya, kepala daerah berada di bawah naungan Kemdagri. Selain itu juga melibatkan Kementerian Agama (Kemenag) yang juga mengelola pendidikan.

Indra menyebut, selama ini Kemdikbud belum melaksanakan hal tersebut, sehingga banyak Pemda yang menolak. Kemdikbud harus melibatkan Kementerian terkait untuk melakukan dialog dan sosialiasi agar dapat menjalankan program. Pasalnya, salah satu yang sedang dipersoalkan dalam kebijakan hari sekolah ini adalah biaya untuk guru yang menjalankan sekolah lima hari.

Ia menyebutkan, permasalahan guru menjadi salah satu pertimbangan pemerintah daerah (Pemda) menolak kebijakan 5 hari sekolah. Pasalnya, belum ada alokasi dana untuk guru, khususnya guru honorer. Sementera kebijakan sekolah lima hari bertujuan untuk mengimbangi beban negara dalam pembiayaan kepada guru pegawai negeri sipil (PNS). Sedangkan guru PNS selama ini bekerja tidak sesuai jam kerja aparatur sipil negara (ASN) selama 40 jam kerja sepekan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s