Tertibkan Kuota Siswa Miskin

Kompas, halaman 12

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta setiap sekolah untuk menyiapkan kuota minimal 20 persen bagi siswa miskin dalam penerimaan siswa baru. Namun, mekanisme itu jangan disalahgunakan agar bangku yang tersedia benar-benar diisi siswa yang berhak. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad mengatakan, kriteria siswa miskin bisa mengacu kriteria bantuan opersional sekolah (BOS) atau ditetapkan daerah setempat, seperti dinas sosial.

Di Jawa Tengah, penggunaan surat keterangan tidak mampu (SKTM) pada penerimaan siswa baru SMA/SMK negeri disalahgunakan. Meski masuk kategori miskin, sejumlah orangtua menggunakan SKTM demi memuluskan anaknya masuk sekolah-sekolah favorit. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMAN/SMKN Kota Semarang, Wiharto mengatakan, semua SMAN/SMKN di Semarang telah membentuk tim verifikasi guna memastikan tidak ada penyalahgunaan SKTM/

Verifikasi dilakukan kepada siswa yang mendaftar untuk kuota keluarga miskin sebesar 20 persen, tetapi keabsahannya dicurigai. Mereka yang merekayasa SKTM tidak hanya bernilai rendah. Ada pula dengan nilai tinggi, tetapi orangtuanya masih mengurus SKTM. Pasalnya, siswa dengan SKTM ada poin tambahan.

Sejumlah orangtua murid mendesak pemerintah mengkaji ulang kebijakan penerimaan siswa baru dengan SKTM. Pasalnya, kerap ditemukan indikasi kecurangan dalam pembuatan SKTM demi menyusupkan siswa ke sekolah incaran. Salah satu orangtua murid Wara Merdekawati (30) menilai, pemberian poin tambahan kepada siswa pemegang SKTM merugikan. Siswa dengan SKTM mendapat tambahan poin khusus sehingga dapat menggeser peringkat siswa di jalur pendaftaran reguler.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s