Susun Perpres, Mendikbud Siap Terima Masukan

Koran Sindo, halaman 4

Pemerintah telah memutuskan menata ulang mekanisme pemberlakuan aturan lima hari sekolah bagi siswa. Regulasi yang semula berupa peraturan menteri (permen) akan dinaikkan menjadi peraturan presiden (perpres). Penataan ulang ini diharapkan mampu meminimalisasi masalah-masalah yang muncul.

Pemerintah menyatakan terbuka menerima masukan dari masyarakat terkait penyusunan perpres tersebut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pedoman di dalam perpres itu nanti membutuhkan keterlibatan banyak pihak.

Mendikbud mengatakan, pihaknya meminta PGRI untuk terlibat dalam penyusunan perpres. Selain itu, MUI, NU dan Muhammadiyah juga diminta untuk memberi masukan. Dia menjelaskan, isi perpres bisa jadi akan berbeda dari Permendikbud yang ada saat ini. Dia berharap penerbitan perpres dapat mengatur mekanisme penguatan pendidikan karakter (PPK) secara lebih komprehensif dan dapat menghadirkan harmoni di masyarakat.

Muhadjir menjelaskan, meski ada perpres, hari kerja guru akan tetap lima hari dan per harinya, dan lama mengajar delapan jam. Namun, rumusan lainnya nantinya akan tetap menunggu perpres. Kemendikbud juga, lajutnya, akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk mengharmonisasikan PPK dengan madrasah.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rasyidi mengapresiasi penundaan pelaksanaan sekolah lima hari yang rencananya akan dilaksanakan sehabis lebaran. Dia mengatakan, penundaan ini sangat positif terhadap keberlangsungan proses pembelajaran di semua jenjang pendidikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s