2017, Sebanyak 6.296 Guru Dikirim ke Daerah 3T

Suara Pembaruan, halaman 17, Jumat, 30 Juni

Kekurangan guru di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) kerap terjadi. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata. Untuk mengatasi  kekurangan guru di daerah 3T, pemerintah setiap tahun mengirim guru ke wilayah tersebut. Khusus tahun 2017, lanjutnya, ada sebanyak 6.296 guru garis depan (GGD) yang dikirim untuk mengabdi ke daerah 3T.

Pranata menjelaskan, para guru tersebut akan ditempatkan di 183 kabupaten/kota  wilayah 3T di seluruh Indonesia. Proses seleksi GGD sudah berlangsung tahun lalu, namun hasilnya baru diumumkan karena penyesuaian terhadap Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Seleksi GGD diikuti 6.315 peserta dari 6.348 pendaftar yang dilakukan di 107 tempat uji kompetensi (TUK) di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, penempatan merupakan proses akhir seleksi GGD sehingga pemberkasan dan verifikasi tidak perlu lagi, Ia berharap, para GGD bisa bertugas dengan tenang dan betah tinggal di daerah 3T.

Sementara, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan, kekurangan guru sangat banyak terjadi di dearah, karena perbedaan data jumlah guru yang dimiliki oleh pemerintah. Selain itu keberadaan guru honorer yang tidak diperhatikan nasibnya juga menyebabkan kurangnya guru. Ia berharap, pemerintah memberikan kesempatan kepada guru honorer untuk telah memenuhi kualifikasi aparatur sipil negara (ASN) untuk diangkat.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s