Kemendikbud Sinergikan FDS dengan Kemenag

Media Indonesia, halaman 10, Jumat 23 Juni

Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk mengganti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Pihak Kemendikbud terus berupaya melakukan pembahasan dengan sejumlah pihak terkait.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin, Kementerian Agama (Kemenag), dan pihak sekolah dan madrasah pada Senin (19/6). Salah satu agenda rakor yakni penyusunan Petunjuk Teknis (Juknis) Sekolah Lima Hari (full day school/FDS).

Hamid mengungkapkan, pihaknya akan menyinergikan sekolah delapan jam dan bisa bekerja sama dengan madrasah yang sudah punya izin operasional dan menggunakan kurikulum yang sudah ditetapkan Kemenag. Tercatat, sebanyak 6 juta anak-anak dari sekolah umum dan terbanyak tingkat SD yang sekolah sore di madrasahdiniyah di berbagai jenjang.

Dalam kesempatan itu, Staf Khusus Mendikbud Bidang Regulasi Chatarina Girsaang mengatakan, untuk sementara perpres yang dibahas masih mengacu pada Permendikbud 23 Tahun 2017 tentang Penguatan Guru dan Pendidikan Karakter. Sementara menurut KH Ma’ruf Amin, dilibatkannya Kemendikbud, Kemenag, ormas Islam dan Kemendagri dalam pembahasan perpres itu, selain untuk memperkaya regulasinya juga agar perpres memiliki kekuatan dan lebih memiliki daya tekan dalam pelaksanaannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s