Riset Fokus Kesehatan

Republika, halaman 5

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah merancang peta jalan riset nasional yang memasukkan bidang kesehatan dan kedokteran ke dalam salah satu fokus utama. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyatakan, pemerintah menyadari tantangan masyarakat global akan masalah kesehatan selalu meningkat.

Hal itu dikatakan Nasir dalam peresmian Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI–FKUI) di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Rabu (12/4). Kemenristekdikti, lanjut Nasir, mendorong IMERI-FKUI tumbuh menjadi pusat unggulan IPTEK bidang Kedokteran dan Kesehatan Indonesia dan berharap agar para peneliti dan ilmuwan Indonesia dapat menjadi solusi bagi permasalahan bangsa, sekaligus menjawab tantangan global.

Dalam sepuluh tahun ke depan IMERI-FKUI diproyeksikan untuk menjadi Medical Science Techno-Park Indonesia, yaitu pusat riset inovasi kesehatan dan kedokteran Indonesia yang dilengkapi sampai pada tahap industri. Sepuluh tahun lagi, IMERI-FKUI diharapkan menjadi Salemba Valley atau Silicon Valley-nya Indonesia di bidang kedokteran dan kesehatan.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ratna Sitompul menjelaskan IMERI-FKUI memiliki 12 klaster riset, 2 klaster pendidikan, 3 klaster penunjang riset serta 3 fasilitas pendukung pendidikan untuk menghasilkan terobosan inovasi guna peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan di Indonesia. pihaknya pun membuka kesempatan untuk semua peneliti terbaik Indonesia dan dunia melakukan kolaborasi riset di IMERI-FKUI.

Pembangunan IMERI-FKUI juga mendapat kucuran dana dari Islamic Development Bank (IsDB) dan Saudi Fund for Development sebesar 130 juta dollar. Proyek ini digagas bersama-sama dengan pembangunan RS Perguruan Tinggi Negeri di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Solo dan RS Perguruan Tinggi Negeri Universitas Andalas Padang Sumatera Barat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s