Sebagian Besar Sekolah di Sumbar masih Gelar UNKP

www.jakartagloble.id

Gubernur Sumatera Barat (Sumber), Irwan Prayitno, mengatakan, sebagian besar sekolah menengah atas (SMA) di wilayahnya masih menyelenggarakan ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP). Penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di wilayahnya masih belum merata karena terkendala anggaran.

Dari sebanyak 497 sekolah di Sumbar, hanya sebanyak 160 sekolah, atau sebesar 31 persen, yang sudah bisa menyelenggarakan UNBK. Pada 2018, Sumbar menargetkan semua sekolah di daerah tersebut sudah menyelenggarakan UNBK.

Irwan mengatakan, beberapa SMA di wilayahnya sudah menyelenggarakan UNBK. Sebagai contoh, Dari 16 SMA negeri yang ada di Padang, enam diantaranya telah menyelenggarakan UNBK. Demkian juga halnya dengan daerah-daerah lainnya di Sumbar.

Meskipun penyelenggaraan UNBK di Sumbar masih menemui kendala, namun jumlah siswa SMA yang mendaftar untuk ikut UNBK telah meningkat sejak tahun lalu.

Pemerintah pusat mulai menggulirkan program penyelenggaraan UNBK SMA bagi sekolah-sekolah yang sudah memiliki fasilitas memadai pada April tahun lalu, sebelum menerapkannya secara nasional.

Pada Januari lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi mengatakan, sekolah yang memiliki keterbatasan fasilitas komputer dapat melaksanakan UNBK di sekolah terdekat yang memiliki akses.

Data Kementerian menunjukkan bahwa pada tahap awal hanya sebanyak 12.023 dari 97.647 sekolah yang ada di Tanah Air yang sudah siap menyelenggarakan UNBK. Pelasksanaan UNBK pada 2015 lalu merupakan bagian dari keinginan Presiden Joko “Jokowi” Widodo untuk memodernisasi sistem pendidikan nasional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s