Unpad Menjadi PTN dengan Peminat Terbanyak SNMPTN

www.antaranews.com

Universitas Padjadjaran kembali menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) dengan jumlah peminat SNMPTN Tahun 2017 tertinggi se-Indonesia, yakni mencapai 39.388 orang dengan jumlah pendaftar yang diterima 2.369 orang, atau sekitar 6,08 persen dari total pendaftar. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran, Dr Arry Bainus mengatakan, meskipun memiliki jumlah peminat tertinggi, angka ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

Arry mengatakan penurunan ini disebabkan adanya regulasi pembatasan jumlah pendaftar di setiap sekolah berdasarkan akreditasi. Sekolah berakreditasi A memiliki batasan jumlah pendaftar maksimal 50 persen, dari sebelumnya sebesar 75 persen.  Begitu pula sekolah berakreditasi B memiliki batasan maksimal 30 persen dari sebelumnya 50 persen.

Ia mengatakan dengan tingginya jumlah peminat maka Unpad menetapkan, calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN merupakan pendaftar pada pilihan pertama.  Selain itu, ia juga menilai, peserta yang lulus SNMPTN merupakan peserta dengan kualifikasi terbaik dan mampu bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya.

Dia menjelaskan, program studi Kedokteran menjadi prodi dengan jumlah peminat tertinggi yaitu 3.769 orang, disusul prodi Manajemen (3.194), Farmasi (3.128), Ilmu Komunikasi (2.786), Akuntansi (2.690), Psikologi (2.626), Ilmu Keperawatan (2.468), Ilmu Hukum (2.221), serta Teknik Informatika (2.022).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s