Presiden Penentu Rektor

Koran Sindo, halaman 1

Mekanisme pemilihan rektor perguruan tinggi negeri (PTN) akan berubah, tidak lagi ditentukan senat dan menteri, melainkan oleh presiden. Kebijakan ini didasari alasan rektor merupakan jabatan strategis. Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Tjahjo menjelaskan, kebijakan itu bertujuan agar ada satu keutuhan serta penyeragaman dalam pemilihan rektor. Sebelum memutuskan siapa yang dijadikan rektor, akan ada forum konsultasi antara Kemenristekdikti, Presiden, dan kementerian terkait. Sistem itu, lanjutnya, tak berbeda dengan penentuan pejabat eselon I dan sekda provinsi yang mana calon akan dikonsultasikan kepada tim penilia akhir (TPA) yang dipimpin Presiden.

Namun, rencana ini memicu kontroversi. Sejumlah kalangan menilai rencana itu justru mencedarai independensi kampus , demokrasi, serta tak melewati pemikiran yang matang. Rektor UIN Walisongo, Semarang, Muhibbin menilai, pemilihan rektor oleh Presiden justru akan menimbulkan masalah baru. Bisa jadi, rektor yang dipilih tidak cocok dengna karakteristik kampus tertentu.

Sementara, pengamat pendidikan Edi Suandi Hamid mengingatkan penentuan rektor oleh Presiden tidak mudah dilakukan karena harus mengubah banyak peraturan termasuk mengenai statuta PTN. Selain itu, juga akan menambah beban kewenangan Kepala Negara, dimana saat ini jumlah PTN baik yang ada dibawah Kemenristekdikti, Kemenag maupun kementerian dan lembaga lain berjumlah 300 kampus.

Kendati demikia, sejumlah kalangan memberikan apresiasi atas gagasan itu. Anggota Komisi XI DPR Dadang Rusdiana mengatakan, rencana itu bagus agar pemilihan rektor semakin objektif dan bersih. Keterlibatan langsung Presiden, lanjutnya, menunjukkan komitmen negara untuk menjadikan PTN sebagai pilar penting kemajuan bangsa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s