Utamakan Isi Program

Kompas, halaman 12

Pemerintah perlu memastikan kebebasan bagi sekolah untuk menjalankan hari sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Dalam hal penguatan karakter, yang utama adalah layanan dan isi program, bukan durasi waktu persekolahan. Pengamat pendidikan Doni Koesoema mengatakan, peraturan presiden (perpres) yang kelak memayungi program penguatan karakter di sekolah hendaknya lebih komprehensif menyangkut isi dan layanan pendidikan. Harus dipastikan dalam setiap momen siswa mendapatkan layanan yang menopang pembentukan karakter. Momen yang dimaksud, mulai dari saat peserta didik memasuki pintu gerbang sekolah, berada di kelas dan di luar kelas, aktivitas di sekolah dan di masyarakat, sampai pulang ke rumah.

Doni berharap, perpres kelak lebih komprehensif dan mengakomodasi keberagaman realitas di lapangan sehingga polemik mereda. Harus diatur formatnya, jika sekolah tersebut adalah sekolah swasta dan jika sekolah tersebut adalah sekolah negeri.

Secara terpisah, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengakui, sekolah lima hari memang sudah disampaikan dalam rapat terbatas Februari 2017. Namun, karena banyak pro kontra serta banyak daerah belum siap, kebijakan ini dievaluasi dan belum diberlakukan.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam pertemuan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia, kemarin, mengatakan, semangat penguatan pendidikan karakter tidak menyeragamkan, tetapi menggali kearifan lokal. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan pendidikan Jokowi-JK, yakni pendidikan yang tidak menyeragamkan. Muhadjir menambahkan, penyusunan masukan untuk perpres yang memperkuat peraturan menteri tentang hari sekolah melibatkan sejumlah kementerian/lembaga dan organisasi masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s